Header Ads

header ads

Penemu Listrik

Tahukah kamu siapa yang menemukan listrik di dunia ini? listrik yang tidak pernah lepas dari kehidupan kita sehari-hari ditemukan oleh seorang Ilmuan bernama Michael Paraday oleh karena itu ia dijuluki sebagai Bapak listrik, menurut pandangan dunia Mihael Paraday adalah seorang ilmuan yang sangat tertarik pada Elektromagnetisme.

Sejak yaman Yunani sebenarnya listrik sudah menjadi sebuah fenomena, karena pada zaman itu seorang cendekiawan bernama Thales  menggosokkan sebuah batu ambar dan batu tersebut mampu menarik bulu ketika didekatkan, kemudian ia menulis sebuah catatan tentang hal ini. karena catatan ini para ilmuan mempelajari bagaimana itu bisa terjadi sehingga Michael Faraday lah yang menjadi salah satu ilmuan yang paling berkontribusi dalam penemuan listrik.

pada suatu saat Michael Faraday melakukan sebuah eksperimen dengan menumpuk tujuh keping uang logam yang ditimpa dengan 7 lembar seng dan juga enam lembar kertas yang mengandung air garam sehingga penemuan ini dapat menguraikan magnesium sulfat.


Michael Menciptakan sebuah alat bernama Homopolar Motor, alat ini menimbulkan sebuah gerakan putar yang terjadi secara terus menerus dikarenakan adanya lingkaran magnet yang mengelilinginya, penemuan inilah yang akhirnya menjadi teknologi elektromanetik pada saat ini

Post a Comment

0 Comments